“Roestam Effendi: sastrawan dan politikus komunis” oleh Joss Wibisono

Masuk ke bagian bawah tanah museum Stedelijk, Ngamsterdam, aku kaget melihat foto ini.  Ternjata ada hlo foto orang Indonesia di museum Stedelijk. Siapakah dia? Di bawah foto segera terbatja namanja: Roestam Effendi. Ah, inilah orang jang pernah kubatja namanja.

Roestam Effendi terpampang di museum Stedelijk

 

Roestam Effendi dikenal oleh chalajak Indonesia hanja sebagai sastrawan asal Minangkabau angkatan Poedjangga Baroe. Karja sastranja jang sering di-sebut2 (tapi sedikit jang benar2 batja) adalah drama berdjudul ‘Bebasari‘. Jang tidak diketahui orang adalah bahwa Roestam Effendi ini kemudian djuga menempuh pendidikan di Belanda, semula beladjar mendjadi guru bahasa Belanda, kemudian beladjar ekonomi.

Lebih dari dari itu Roestam Effendi terlibat dalam politik untuk memperdjuangken kemerdekaan Indonesia. Seperti pelbagai mahasiswa Indonesia lain, ia dekat dengan partai Komunis Belanda jang semula bernama Communistiche Partij Holland, kemudian ganti mendjadi Communistische Partij Nederland. Ini tidaklah mengherankan, karena CPN (demikian singkatan partai komunis Belanda) adalah partai politik pertama jang memperdjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada pemilu Belanda tahun 1918, CPN bersembojan “Indonesië los van Holland” (Indonesia lepas dari Belanda), karena itu banjak mahasiswa Indonesia tertarik bahkan bergabung mendjadi anggota CPN.

Roestam Effendi sendiri bukan hanja mendjadi anggota partai, tapi pada pemilu 1935 dia djuga terpilih mendjadi anggota de Tweede Kamer (madjelis rendah Belanda) untuk CPN. Effendi adalah ‘inlander’ pertama jang terpilih masuk parlemen di Den Haag. Dia mendjadi anggota parlemen dari 1935 sampai 1946, dengan tjatetan bahwa selama lima tahun 1940 sampai 1945, parlemen Belanda dibekukan oleh nazi jang menduduki negeri pendjadjah selama Perang Dunia Kedua.

Pada 1946, keanggotaan CPN Roestam Effendi ditjabut dengan alesan aktivitasnja tidak djelas selama zaman perang. Kemudian, djuga seperti banjak mahasiswa atau orang Indonesia lain, Roestam Effendi pulkamp utuk memperdjuangken kemerdekaan Indonesia jang sementara itu dilanda pelbagai agresi militer Belanda.

Roestam Effendi bukan tjuman sastrawan, dia adalah djuga politikus, bahkan politikus CPN, partai Komunis Belanda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.